Hai kalian!.... Masih ingatkah kalian dengan perangkat lunak?? Jika masih, ayo sebutkan salah contoh dari perangkat lunak yang terinstal di komputer/laptop mu. Paket office merupakan salah satu jenis perangkat lunak aplikasi yang banyak di gunakan di setiap perkantoran.
1. Paket Office untuk belajar.
Kalian pasti sering mendapatkan guru yang memberikan tugas atau pekerjaan rumah dan tugas tersebut harus diketik/dikerjakan di komputer ataupun di lapton. Nah maka dari itu "Paket office" adalah jenis perangkat lunak yang dapat memudahkan kita dalam menyelesaikan pekerjaan rumah ataupun tugas yang diberikan tersebut. Paket office pun ada berbagai jenis, contohnya yaitu: perangkat lunak pengelolah kata, perangkat lunak pengelolah angka, dan juga presentasi. Adapun kegunaan-kegunaan dari perangkat lunak pada paket office, antara lain yaitu :
1. Untuk menyelesaikan tugas-tugas yang melibatkan pengelolah kata atau angka.
2. Untuk memberikan kemudahan untuk menyampaikan presentasi.
3. Untuk membuat pengelolah data dengan menggunakan berbagai rumus yang tersedia pada aplikasi.
4. Untuk memudahkan proses hukum pembuatan laporan keuangan kegiatan siswa, dsb.
Di dalam paket office, ada banyak paket office yang dapat kalian gunakan, antara lain Microsoft Office, LibreOffice, dan juga WPS Office yang sering di gunakan di dalam android. Berikut ini adalah penjelasan untuk setiap paket office yang ada.
A. Microsoft Office
Microsoft Office adalah salah satu paket office buatan Microsoft, yaitu perusahaan perangkat lunak yang juga membuat sistem operasi Windows. Microsoft Office juga memiliki aplikasi pengelolah Word, aplikasi pengelolah angka Excel, dan juga aplikasi presentasi PowerPoint. Dan juga terdapat pula aplikasi tambahan lainnya, seperti aplikasi basis data Access dan aplikasi publikasi Publisher.
B. LibreOffice
LibreOffice juga merupakan salah satu paket office yang bersifat free (gratis) dan open-source. LiberOffice merupakan salah satu pengembangan dari paket office OpenOffice.org. LiberOffice juga memiliki aplikasi semacam pengolah kata Writer, aplikasi pengolah angka Calcarea, aplikasi presentasi Impress, aplikasi pengolah gambar vektor Draw, aplikasi pengetikan rumus Math, dan juga aplikasi database Base.
C. WPS Office
WPS Office adalah salah satu paket office buatan Kingsoft yang memiliki tampilan seperti Microsoft office. WPS Office juga memiliki aplikasi pengolah kata Writer, aplikasi presentasi Presentation, dan aplikasi pengolah angka Spreadsheet. WPS Office juga dapat digunakan untuk membuat file PDF.
2. Mengenal tampilan Word 2016
Microsoft office adalah salah satu jenis paket office yang paling banyak digunakan. Untuk saat ini kita akan membahas aplikasi pengolah kata yang terdapat dalam Microsoft office, yaitu Word 2016. Pada jendela aplikasi Word 2016 terdiri atas beberapa elemen, berikut ini adalah elemen-elemen tersebut beserta penjelasannya.
a. Quick access toolbar, berisi tombol-tombol yang sering digunakan, antara lain Save, Undo dan Redo.
b. Title bar, menampilkan judul dari dokumen yang sedang dibuka.
c. Ribbon, adalah area yang berisi semua tombol, menu, dan opsi pengaturan dokumen yang dikelompokkan ke dalam beberapa tab.Tampilan ribbon akan berubah sesuai dengan tab yang di-klik. Berikut 10 tab utama yang ada pada Word 2016:
1) Tab File, berisi menu untuk pengaturan file atau aplikasi word.
2) Tab Home, untuk mengatur operasi copy-paste, font (huruf) , dan paragraf.
3) Tab Insert, untuk menyisipkan objek, seperti tabel, gambar/ilustrasi, tautan (link), komentar, kotak teks, dan simbol.
4) Tab Design, untuk mengatur desain dokumen, misalnya memakai format tertentu atau menambahkan latar belakang unik.
5) Tab Layout, untuk pengaturan tata letak halaman dan paragraf.
6) Tab References, untuk pembuatan perlengkapan dokumen, seperti daftar isi, catatan kaki, daftar pusaka, dan indeks.
7) Tab Mailings, untuk pembuatan surat massal, label, dan amplop.
8) Tab Review, berisi opsi yang berkaitan dengan review dokumen, seperti pengecekan ejaan (spelling) , penterjemahan, pemberian komentar, dan mencatat perubahan atau penyuntingan yang dilakukan.
9) Tab View, untuk mengatur dengan tampilan dokumen.
10) Tab Help, untuk meminta bantuan seputar penggunaan Word.
Selain 10 tab utama di atas, ada pula tab yang hanya muncul ketika kamu meng-klik objek tertentu. Contohnya, ketika kamu meng-klik objek gambar, akan muncul tan Picture Tools; atau ketika kamu meng-klik objek tabel, akan muncul tab Table Tools.
d. Grup, merupakan pengelompokan tombol, menu, dan opsi pada tab berdasarkan fungsinya.
e. Status bar, menampilkan informasi seperti halaman dokumen, banyaknya kata, dan bahasa yang digunakan.
f. Pengaturan tampilan dokumen, berisi tiga tombol untuk mengubah mode tampilan dokumen, yaitu read mode, print layout, dan web layout.
g. Zoom control, digunakan untuk mengatur perbesaran tampilan dokumen.
h. Scroll bar, digunakan untuk menggulung halaman dokumen.
3. Membuat Laporan Tugas dengan Word 2016
Setelah mengenal tampilan Word 2016, berikutnya kamu akan belajar menggunakannya untuk membuat laporan tugas sekolahmu. Sebuah laporan biasanya terdiri atas beberapa bagian, yaitu kover, kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, pembahasan, penutup, dan lampiran.
Komentar
Posting Komentar